PELATIHAN ANYAMAN BAMBU

   Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari program Pembinaan Industri Kecil dan Menengah dalam Memperkuat Jaringan Klaster Industeri. Melihat potensi yang dimiliki dan perkembangan kerajinan anyaman bambu yang masih minim berkembang di Kabupaten Karangasem. 
Pembukaan Pelatihan Anyaman Bambu 
   Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melalui Bidang Pengembangan Industri mencoba untuk membangkitkan kerajinan dan kreatifitas perajin anyaman bambu di Kabupaten Karangasem sehingga bisa bersaing di pasar kerajinan baik lokal maupun international. Pengembangan desain dan kerajinan anyaman bambu di Kabupaten Karangasem di mulai dari Kelompok Anyaman Bambu Manik Mekar di dusun Kemoning, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Kelompok ini berdiri sejak tahun 2009 yang diketuai oleh I Nyoman Wenten dan memiliki anggota sebanyak 20 orang.
   Pelatihan anyaman bambu ini dilaksanakan dari tanggal 18 s/d 25 April 2017 bertempat di Balai Subak Abian Gedong Arta dusun Kemoning, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 10 orang. 
Bahan Pelatihan
Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Bhuana Giri Bapak I Wayan Mudu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Industri Ni Wayan Rustiani, SE, MAP yang sekaligus membuka pelatihan anyaman bambu tersebut. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi perajin anyaman bambu yang ada di Kabupaten Karangasem, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya dan potensi - potensi yang ada di Kabupaten Karangasem. 
   Pelatihan ini dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melalui Bidang Pengembangan Industri, dimana segala biaya yang ditimbulkan dari pelaksanaan kegiatan ini dibebankan pada DPA SKPD Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem. 
Pelatihan Anyaman Bambu
Hasil Pelatihan Anyaman Bambu

Komentar